Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nonor 82 Tahun 2013 dijelaskan bahwa Setiap Rumah Sakit harus menyelenggarakan SIMRS atau Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Aplikasi penyelenggaraan SIMRS yang dibikin oleh Rumah Sakit harus mencukupi syarat-syarat minimal yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

Persyaratan

Salah satu syarat-syarat a.l. adalah arsitektur. Arsitektur SIMRS paling sedikit terdiri atas: aktivitas service utama (front office); aktivitas administratif (back office); dan komunikasi dan kolaborasi. Selain itu  Rumah Sakit mampu mengembangkan SIMRS dengan memberikan arsitektur pendukung yang berbentuk Picture Archiver System (PACS), Sistem Manajemen Dokumen (Document Management System), Sistem Antar Muka Peralatan Klinik, dan juga Data Warehouse dan Bussines Intelegence Mengukur Tingkat Kesiapan SIMRS Dalam Mendukung Implementasi E-Health .

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang selanjutnya disingkat SIMRS adalah suatu proses teknologi informasi komunikasi yang memproduksi dan mengintegrasikan semua rangkaian proses service Rumah Sakit di didalam wujud jaringan koordinasi, pelaporan dan prosedur administrasi untuk raih informasi secara pas dan akurat, dan merupakan anggota berasal dari Sistem Informasi Kesehatan.

Fungsi Pelayanan

Tata kelola proses informasi yang baik harus serasi dengan fungsi, visi, misi dan trik organisasi. Secara generik manfaat Rumah Sakit (menurut WHO th. 1957), memberikan service kesegaran lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitatif, di mana output layanannya menjangkau service keluarga dan lingkungan, Rumah Sakit juga merupakan pusat pelatihan tenaga kesegaran dan juga untuk penelitian biososial. Rumah sakit juga merupakan pusat service rujukan medik spsialistik dan sub spesialistik dengan manfaat utama menyediakan dan menyelenggarakan bisnis kesegaran yang berbentuk penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitasi pasien Apa itu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) ).

Proses Bisnis

Dengan demikian secara lazim proses informasi Rumah Sakit harus serasi dengan bisnis utama (core bussines) berasal dari Rumah Sakit itu sendiri, lebih-lebih untuk informasi riwayat kesegaran pasien atau rekam medis (tentang indentitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan service lain yang diberikan kepada pasien), informasi aktivitas operasional (termasuk informasi sumber daya manusia, material, alat kesehatan, penelitian dan juga bank data.

Keberhasilan implementasi proses informasi bukan cuma ditentukan oleh teknologi informasi tapi juga oleh segi lain, seperti proses bisnis, perubahan manajemen, tata kelola IT dan lain-lainnya. Karena itu bukan cuma teknologi tapi juga kerangka kerja secara komprehensif proses informasi Rumah Sakit.

Rumah Sakit Krakatau Medika udah lakukan amanah regulasi mengenai SIMRS tersebut dengan instalasi SITMAPAS singkatan berasal dari Sistem Informasi Manajemen Pasien. SITMAPAS memilki kemampuan pengelolaan pasien menjadi berasal dari entri (masuk) pendaftaran, baik itu di IGD (Instalasi Gawat Darurat), Rawat Jalan, dll, pengelolaan sepanjang perawatan hingga dengan kesembuhan atau muncul (exit) berasal dari Rumah Sakit simrs .

Kini sedang disiapkan New KHS (Krakatau Hospital System); bekerja serupa dengan PT. Krakatau Information Technology membangun Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit berbasis web site yang terintegrasi dengan bisnis proses lainnya yang tersedia di Rumah Sakit. Diharapkan New KHS ini menjadi Aplikasi SIMRS yang juga berlaku sebagai Software ERP (Enterprise Resource Planning) di Rumah Sakit.

Ruanglingkup

Penyelenggaraan SIMRS mampu memakai aplikasi dengan kode sumber terbuka (open source) yang di menyediakan oleh Kementerian Kesehatan atau memakai aplikasi yang dibikin oleh Rumah Sakit. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) harus meliputi perihal perihal sbb :

Strategi

Proses Bisnis

Arsitektur Infrastruktur

Arsitektur Data

Arsitektur Aplikasi

Keamanan Sistem Informasi

Interoperabilitas

Tata Kelola

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nusindo.id: Solusi Terbaik untuk Pelatihan Kesehatan Profesional yang Terintegrasi

Cara Menemukan Pengacara Keringanan Pajak